Kamis, 03 November 2016

Contoh Menulis Surat Pribadi

Bila Anda berpikir, zaman sekarang sudah bukan eranya untuk berkirim surat lagi. Maka Anda salah besar. Media yang digunakan memang bukanlah kertas surat lagi, melainkan lebih canggih dan menyesuaikan zaman, yaitu dengan menggunakan e-mail. Yah, namun tidak jarang juga, masih saja sebagian masyarakat kita ada yang tetap menggunakan media kertas surat melalui pos. Tata cara surat menyurat memang tidak selalu resmi. Untuk keperluan pribadi, tentu saja kita akan lebih leluasa, berkirim kabar dengan menggunakan surat pribadi.

Hanya untuk kalangan pribadi, tidak perlu terlalu formal, namun tetap memperhatikan etika surat menyurat. Kata-kata yang tetap santun dan tidak menyinggung dari penerima surat. Berikut ini adalah macam-macam contoh surat pribadi.

Contoh Surat Pribadi


Contoh Surat Pribadi Untuk Orang tua


Cilegon, 31 Oktober 2016

Yth,
Bapak Ibu tercinta
Di Surabaya

Assalamualaikum

Apa kabar bapak ibu? Mudah-mudahan sehat semua ya. Adik-adik juga insya Allah sehat semua, ya. Saya kemarin lihat foto rangga yang dikirimi oleh ibu. Masya Allah, anak itu sekarang sudah besar saja. Jadi kangen, saya selalu kangen sama bapak ibu, adik-adik juga. Ratna sekarang sudah bekerja ya, bu? Sering kasihan saya, kalau baca surat dari dia. Yah, minta selalu didoakan terus, supaya jadi orang sukses. Saya juga sudah menyampaikan berkali-kali, jangan lupa untuk minta doa bapak ibu juga.

Saya di sini Alhamdulillah baik-baik saja bu. Yah, memang terkadang ada saja masalah dalam hidup. Namun, alhamdulillah bisa diatasi dengan baik. Kan, seperti nasihat ibu, jangan takut dengan masalah, karena, kita punya yang lebih besar, yaitu Allah. Dia lah yang akan selalu membantu kita, memberikan petunjukNya untuk kita, supaya hidup kita jadi lebih baik.

Alhamdulillah, bu, semua masalah saya selalu teratasi dengan baik. Rumah tangga saya juga alhamdulillah baik-baik saja. Fika tambah lucu, bu, sudah pintar mengoceh dia sekarang. Fika juga sehat-sehat, bu, tidak kurang apapun.

Bapak, ibu, sudah dulu, ya, surat dari saya ini. Bapak pasti lagi sibuk bercocok tanam. Tetap jaga kesehatan, ya, pak. Saya tunggu balasan suratnya, ya, pak, bu.

Wassalamualaikum

Salam sayang,

Rita


Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat


Jakarta, 30 April 2016

Kepada,

Anin, sahabatku yang baik
Di Tarakan

Assalamualaikum

Bagaimana keadaanmu sekarang, Anin? Semoga, kamu baik-baik saja, sejak adanya tragedi yang lalu di tempatmu. Aku harap kamu tidak mengalami trauma yang begitu parah. Tetaplah berdoa yang terbaik untuk dirimu, keluargamu, dan tentunya untuk ketentraman dan kedamaian di tempatmu. Mintalah selalu pada Allah, supaya tetap dijaga dalam jalanNya, berdoa selalu minta perlindungan dari Allah.
Bila, aku berkata sabar dan tabahlah, aku tahu pasti, hatimu akan berontak. Sabar katamu, kau tidak tahu penderitaan yang kurasakan. Ya, benar, Anin, aku memang tidak merasakan apa yang sedang kau alami. Namun, dari banyak berita yang aku lihat di televise, aku bisa merasakan apa yang kamu rasakan. Hatiku ikut teriris perih melihat penderitaan saudara-saudara kita seiman di sana.

Aku hanya bisa mengutarakan ini, Anin. Setiap cobaan dan ujian itu datang dari Allah. Mungkin, Allah telah memberikan sangat banyak untuk kita, dan tiba-tiba ujian datang. Anggaplah di dalam hatimu, bahwa ini untuk meningkatkan derajat kalian semua di hadapanNya. Aku yakin, kamu dan semua saudara kita, insya Allah pasti dapat melewati ujian ini dan menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

Anin, insya Allah, bulan depan, mungkin pertengahan, aku akan mengunjungimu, bersama para relawan dari Jakarta. Tetap kuat dan istiqomah, ya.

Salam sayang

Dari sahabatmu,

Riska


Sangat menarik bila kita bisa bertukar kabar dengan cara surat menyurat ini. Bukan melalui pesan instan yang saat ini sudah beredar di tengah masyarakat kita. Mungkin kita bisa meluangkan waktu sedikit dari kecanggihan yang kita miliki. Kita akan kembali pada masa, dimana menunggu kabar dari orang yang kita kasihi adalah sangat berharga, dan benar-benar menunggu untuk mendapatkan kabar baik.
Di bawah ini, masih ada contoh untuk membuat surat pribadi. Silahkan dibaca untuk dijadikan referensi Anda semua.

Contoh Surat Pribadi Untuk Keluarga


Bandung, 13 April 2016

Kepada yth,
Tante Novi
Di Jakarta

Selamat pagi,

Halo, tante Novi, apa kabar? Saya selalu mendoakan tante dan keluarga baik-baik saja. Langsung saja, tante. Begini, dua bulan lagi saya sudah akan mulai perkuliahan. Karena saya belum sempat untuk mencari tempat kos, boleh saya menumpang sementara di rumah tante? Saya janji, tante, tidak akan berulah buruk dan akan selalu membantu tante, bila memang diperlukan. Oh, ya, tante, saya juga ingin menyampaikan pesan dari mami, bahwa pesanan tante sudah dipaketkan.

Mungkin begitu saja tante, saya mohon bantuannya, tante. Saya tunggu kabar dari tante, ya.

Terimakasih.

Salam,

Rusdi


Demikianlah macam-macam surat pribadi yang dapat Anda semua tuliskan. Cobalah untuk kembali surat-menyurat secara konvensional. Pasti akan terasa penasaran melanda hati. Selamat mencoba.

0 komentar

Posting Komentar